RTBL sebagai Produk Urban Design

Penerapan RTBL merupakan upaya dalam pengendalian terhadap perwujudan tertib pembangunan, terjaminnya aspek keselamatan bangunan, lingkungan dan manusia, baik pada saat pembangunan maupun pemanfaatannya. Secara makro dapat dikatakan pula bahwa penerapan RTBL diharapkan dapat meningkatkan aspek perlindungan kawasan/kota tertentu yang mempunyai nilai ekonomi, sosial dan budaya yang penting.

Selain faktor-faktor fisik (terutama pengaturan bangunan dan ruang kota) terdapat faktor-faktor non fisik seperti sosial budaya yang harus diikutsertakan dalam perencanaan dan perancangan suatu kota. Oleh karena itu, RTBL selain merancang elemen-elemen fisik kota, juga harus memeperhatikan faktor-faktor sosial dan budaya masyarakat.

Sebagai suatu produk dari perancangan kota (urban design), maka RTBL akan lebih banyak mengkaji aspek-aspek kualitas ruang kota secara visual maupun fungsional. Sebagai kelanjutan dari rencana kota yang telah ada, maka RTBL lebih banyak memberikan arahan dan aturan (urban design guidlines) pembangunan secara 3 dimensi. Bangunan sebagai elemen fisik utama akan banyak dikaji, demikian juga dengan jalan dan ruang-ruang terbuka (street and square) sebagai elemen pembentuk struktur ruang kota.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: