RTRW Bangunan Tepi Laut

Pemkot Surabaya akan mengeluarkan peraturan soal batas pembangunan di kawasan tepi laut melalui perda rencana tata ruang wilayah (RTRW) Surabaya sebagai revisi perda sama 2010-2029. Dalam ketentuan itu diputuskan bangunan tepi laut yang diperbolehkan tidak boleh kurang 1000 meter dari garis pantai. Ketentuan ini untuk mengatur program pembangunan perumahan yang kini marak di kawasan Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya).

Kawasan Surabaya Timur berdiri banyak perumahan yang dekat dengan pantai. Mereka mengembangkan perumahannya sampai mendekati laut. Selain itu, mereka mengembangkan perumahan dengan membeli area tambak dari warga. Sementara warga memperoleh tambak dari cara dengan mengkapling laut berupa mengembangkan tanah oloran. Sedangkan upaya mengolor tanah ke laut akibat dari belum adanya batas pantai atau patok di tepi lautnya.

Dari peraturan RTRW terhadap bangunan di tepi laut yang menentukan jarak bangunan dengan laut tidak boleh kurang dari 1000 meter, tidak diberlaukan dengan baik oleh perumahan Pakuwon City. Dikarenakan dari hasil observasi, didapatkan bahwa jarak bangunan pada Pakuwon City yang mendekati tepi laut, yaitu East Cost Apartement, memiliki jarak ± 700 meter. Jarak tersebut tidak sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh Pemkot Surabaya, ini tentu akan merugikan pada perkembangan lahan dari Pakuwon City.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: