Daya Dukung Fisik dan Lingkungan

Kemampuan fisik, lingkungan dan lahan potensial bagi pengembangan kawasan selanjutnya. Beberapa aspek yang harus dipahami antara lain: kondisi tata guna lahan, kondisi bentang alam kawasan, lokasi geografis, sumber daya air, status-nilai tanah, izin lokasi, dan kerawanan kawasan terhadap bencana alam.

Dalam hal daya dukung fisik dan lingkungan pada Pakuwon City, memiliki suatu kelemahan terhadap kondisi internal yang selama ini dihadapi oleh kawasan ini. Kelemahan tersebut berupa kerawanan kawasan terhadap bencana alam, dari hasil identiflkasi risiko lingkungan melalui observasi, diketahui bahwa hingga kini risiko yang ditimbulkan pada radius 2,5 km dari kawasan perumahan adalah banjir dan kerusakan jalan. Dengan adanya risiko ini diperlukan solusi untuk mengatasinya dengan membangun sistem drainase baru dan menambah tebal lapisan perkerasan jalan.

Akibat adanya risiko lingkungan yang terjadi menimbulkan biaya ganti lingkungan yang besaraya tergantung dari penilaian masing-masing individu. Biaya pencegahan lingkungan untuk mengatasi banjir dengan membangim system drainase baru sebesar Rp.1.797.000.000,- dan biaya pemeliharaannya Rp. 297.480.000,- per tahun dan untuk mengatasi kerusakan jalan dengan menambah tebal lapis perkerasan diperlukan biaya Rp. 1.107.000.000,- dan biaya pemeliharaan Rp. 55.350.000,- per tahun.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: