Analisa Figure/Ground

Pola Tatanan Figure/Ground Pakuwon City

Pola tekstrur yang dimiliki oleh kawasan Pakuwon City dapat terlihat secara skala makro kecil. Dikarenakan analisa yang dilakukan hanya fokus dalam satu kawasan saja, yaitu kawasan Pakuwon City saja. Gambar figure/ground yang terdapat pada gambar terlihat bahwa kawasan ini bersifat heterogen. Dimana dalam pola tatanan yang digunakan, terdapat beberapa bentuk massa yang memiliki bentukan yang berbeda dan saling berbenturan.

Selain sifat terhadap bentuk heterogen yang dimiliki oleh kawasan Pakuwon City, terdapat pula sifat yang melekat pada perumahan real estate yang tercermin dalam kawasan ini. Sifat tersebut ialah perhatian akan konfigurasi figure massa yang bersifat massif dan figuratif. Sifat figure yang figuratif ini dapat terlihat dari bentuk massa yang jelas, dengan rancangan akan ruang terbuka yang merupakan ‘sisa’ dari berbagai bangunan.  Penggunaan pola tatanan yang seperti ini dikarenakan kawasan Pakuwon City merupakan kawasan perumahan, yang tentu mengutamakan banyak massa sebagai massa hunian, dan ruang terbuka yang ada merupakan sisa lahan dari bangunan-bangunan yang ada.

Pola dan Dimensi Unit Kawasan

Selain dilihat dari segi figure/ground terhadap kawasan, analisa akan pola tekstur kota juga dilakukan. Dalam melakukan analisa terhadap pola tekstur kota, perlu diperhatikan akan tingkat keteraturan, tingkat keseimbangan, dan tingkat kepadatan antar massa dan ruang dalam kawasan ini.

Gambar di atas memperlihatkan tentang tatanan dalam kawasan Pakuwon City, dalam gambar tatanan massanya dapat diketahui bahwa tingkat keteraturan yang dimiliki cukup baik. Keteraturan massa yang cukup baik ini dapat tercipta oleh penataan massa yang digolongkan sesuai dengan jenis dan fungsi bangunannya, selain itu juga karena faktor penataan massa yang disesuaikan oleh bentuk jalan primer dalam kawasan tersebut. Oleh karenanya, arah hadap massa-massa yang ada dapat tertata secara rapi dan tidak mengalami benturan dengan garis jalannya.

Sementara untuk tingkat kepadatan dan tingkat keseimbangan dalam kawasan Pakuwon City tidak begitu terbagi secara rata. Dengan memiliki empat bagian lahan utama, antar lahan tersebut memiliki luas lahan yang berbeda antar satu dengan yang lainnya. Dengan perbedaan lahan, maka akan mempengaruhi tingkat kepadatan bangunan pada tiap lahan tersebut. Jika pada tiap lahan tidak memiliki tingkat kepadatan yang cenderung sama, akan terjadi ketidakseimbangan terhadap jumlah  maupun tatanan massa dan ruangnya.

Dengan tiga parameter yang dimiliki, akan mempengaruhi penataan terhadap kawasan sebagai sebuah unit. Blok yang terdapat dalam kawasan Pakuwon City merupakan sebuah blok tunggal yang dominan dengan blok medan yang terdapat pada area depan kawasan. Tatanan pada blok medan menggunakan pola pembentuk deretan secara terkulai. Yang kemudian lahan depan dari blok medan tersebut difungsikan sebagai hunian (blok tunggal), blok tunggal pada lahan ini memiliki tatanan yang mengikuti pola jalan primer, sehingga tercipta keserasian antara blok tunggal dengan lingkungannya. Tetapi pada beberapa bagian lahan terdapat variasi sudut sebagai pembatas blok tunggal, dengan bentuk pola jalan yang tegak tetapi bentukan blok tunggalnya yang meyudut.

Tatanan pola antar blok tunggal dengan blok medan dalam kawasan ini memiliki sifat cluster. Tiap golongan massa dibagi dalam beberapa lahan, dan dalam tiap lahan tersebut terdapat beberapa massa bangunan. Ruang terbuka/nodes yang memusat berfungsi sebagai pembagi antar lahan massa bangunan Pakuwon City, bentuk ruang terbuka tersebut menggunakan bentuk yang menyiku. Ruang terbuka ini dikelilingi oleh massa bangunan maupun pepohonan. Sehingga ruang terbuka tersebut terkesan memusat dan terkesan sebagai point of view pada jalan primer kawasan.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: