Analisa Place

Perancangan kawasan Pakuwon City yang memiliki beberapa ruang terbuka di tiap sudut jalannya, telah menciptakan suatu citra (place) tersendiri dalam kawasan ini. Citra yang diciptakan ialah suasana akan taman-taman yang hijau serta ragam bangunannya yang terkesan mewah. Selain itu, letak yang dekat dengan pantai dan juga adanya hilir sungai yang mengalir, menjadikannya sebuah citra tersendiri terhadap lingkungan dalam kawasan ini.

Tipologi

Dalam kawasan Pakuwon City, memiliki beberapa elemen pokok perkotaan, yaitu elemen place statis dan elemen place dinamis. Elemen place yang bersifat statis terdapat pada beberapa nodes yang ada pada beberapa titik jalan kawasan ini, beberapa nodes tersebut memiliki bentuk ruang terbuka yang melingkar dengan ukuran skala yang besar, dan dikelilingi oleh unsur street furniture berupa pepohonan serta patung yang difungsikan sebagai landmark.

Sementara untuk elemen place yang bersifat dinamis terdapat pada sepanjang jalan kawasan Pakuwon City yang memiliki pola jalan kurvilinear dan pola linear. Kedinamisan akan elemen place yang dimiliki terdapat pada setiap jalan primer yang berfungsi sebagai jalan utama/jalan raya dalam kawasan, serta jalan sekunder dan jalan tersier yang berfungsi sebagai sebuah ‘gang’ menuju perumahan. Setiap jalan tersebut, tercipta sebuah ruang yang memiliki batas (edges) berupa massa bangunan ataupun pepohonan dan ruang terbuka hijau.

Skala

Secara keseluruhan kawasan ini memiliki tekstur antar ketinggian bangunannya. Pada bagian depan yang terletak dekat dengan open gate Pakuwon City terdapat bangunan komersial yang memiliki ketinggian ± 25-30 m. Pada bagian belakang kawasan juga terdapat bangunan dengan skala tinggi, yaitu bangunan apartement, yang memiliki tinggi bangunan ± 60 m. Dengan pembagian bangunan skala tinggi, menjadikan kawasan ini memiliki tekstur yang kontras.

Identitas

Ciri khas yang dapat menjadi suatu identitas dari kawasan Pakuwon City dapat diperhatikan dari bahan serta bentuk bangunan yang digunakan. Bahan dan bentuk bangunan yang digunakan sebenarnya bervariasi, karena terdapat bentuk bangunan rumah yang minimalis, dan juga ada bentuk bangunan rumah klasik romawi. Penggunaan bahan serta materialnya pun menyesuaikan dari kedua bentuk tersebut. Tetapi meskipun memiliki perbedaan akan bentuk bangunannya, dapat dilihat karakteristik yang dimiliki kawasan ini. Karakteristik tersebut adalah perumahan yang memiliki fungsi bangunan yang kompleks, dengan ukuran serta pewarnaan bangunan yang elegan. Ukuran jalan yang lebar dengan banyaknya ruang terbuka hijau, serta nodes yang diberi patung sebagai landmark menjadikan salah satu ciri khas dalam kawasan Pakuwon City. Setiap ciri tersebut tercapai melalui hierarki-hierarki tertentu yang beraturan dan berulang-ulang dalam beberapa aspek bagian yang mendukung hierarkinya, sehingga tercipta suatu identitas place yang berkualitas.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: